Apa itu Codec?

Posted by Unknown Tuesday, March 13, 2012


Apa itu Codec?

Codec adalah nama teknis yang diambil dari singkatan "compression/decompression" atau bisa juga "compressor/decompressor" atau juga "code/decode".

Sama, semuanya mengandung arti yang sama, dan ditujukan untuk sebuah program komputer yang berfungsi mengecilkan (compress) file-file, lalu mengembalikannya ke ukuran semua (decompress).
Oh, jadi begitu, jadi codec itu adalah nama untuk sebuah program komputer yang fungsinya untuk mengecilkan, lalu membesarkan kembali. Berarti, codec itu sama dong seperti program-program pengompress lainnya, seperti Winrar, Winzip, PKZIP, dan lain-lain, betul begitu?

Ma'af, kau salah teman. Meski aku suka padamu, tapi aku terpaksa menyalahkan mu. Kenapa? Sebab, menurut para senior, meski si codec memang punya kemampuan dan fungsi untuk mengecilkan lalu membesarkan file seperti program-program yang kau sebutkan tadi, namun codec tidak bisa disamakan dengan program-program tersebut. Kenapa?

Sebab, mereka punya wilayah kekuasaan yang berbeda. Memang betul, mereka berasal dari satu guru, dan mempunyai satu ilmu yang sama. Tapi mereka tidak mau saling mengganggu. Codec, tidak mau mengecilkan atau mengkompress sembarang file, seperti yang dilakukan oleh kakak-kakak seperguruannya (Winrar, Winzip, PKZIP).
Itu karena si Codec ini sobat, punya bidang keahlian yang khusus. Bidang keahlian yang tidak dimiliki oleh para senior terdahulunya.

Si Codec ini sobat, cuma mau mengkompress file-file mutimedia saja. Dia tidak mau mengkompress file-file multi marketing, apalagi multi level marketing, dia paling ngeri sama yang satu itu.
Nah, seperti yang sobat ketahui dan sadari, juga sesali... file-file multimedia seperti audio, mp3 atau lagu, dan file-file film atau video, biasanya punya ukuran yang besar. Bahkan kadang sangat besar. Nah, karena ukurannya yang besar, tentu akan sangat merepotkan banyak pihak yang punya banyak kepentingan.

Misalnya pihak penyedia tempat penyimpanan atau yang biasa disebut dengan hardisk, mereka pasti akan repot kalo harus dipaksa menyimpan terlalu banyak file multimedia dengan ukuran yang raksasa. Mereka pasti sewot kalau terus menerus harus mondar-mandir hanya untuk membaca dan menulis satu file film yang ukurannya nauzubillah. Bahkan, bukan tidak mustahil jika akhirnya mereka jadi kempot.

Begitu juga pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendistribusikan file-file film tadi. Mereka pasti kesusahan bila harus menyediakan banyak tempat hanya untuk mengirimkan satu film. Apalagi kalo mengirimkannya lewat internet. Bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu hanya untuk mendownload satu film. Nah, sangat tidak menguntungkan bukan?

Nah, menyadari ketidakuntungan ini, para matematikawan dan matematikawati yang sakti dibidang codec, akhirnya sepakat untuk membuat sebuah codec yang bisa mempersingkat sinyal-sinyal transmisi dari file-file audio ataupun video. Gunanya untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan saat mengirim file-file tersebut melalui internet.

Nah, setelah file-file film dan lagu tadi di persingkat sinyalnya, lalu, saat sampai ditujuan, file-file tersebut dikembalikan lagi keukuran yang semula. Gunanya, agar file-file tersebut dibica, dibuka dan dinikmati isinya melalui komputer yang sedang sobat gunakan saat ini. Nah, jadi berkat jasa si codec ini, sobat bisa menikmati film-film yang ada di internet tanpa terlalu banyak membuang waktu untuk menunggu.

Karena itu, berterima kasihlah kepada-Nya. Bersyukurlah atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Dan berdo'alah semoga kau diterima disisi-Nya.


download update terbaru dari untuk windows 7 codec pack klik disini

12 Responses to Apa itu Codec?

  1. Oh.. Tank infonya sob.. dan link downloadnya bermanfaat sekali..

     
  2. Fazri Says:
  3. dari gambarnya K-lite codec bukannya buat pemutar musik ya gan. kok sistem kerjanya kyak winrar?

     
  4. Unknown Says:
  5. yups... K-lite codec adalah salah satu produk codec yang terkenal... yang kita tau sih buat pemutar musik n "3gp" kaann... nah sebenernya bukan cuma itu,... :D kl sobat blum punya k-lite codec pasti lom bisa putar file (misal 3gp) di windows media player 9 kebawah atau winamp dll... :D

     
  6. dfn7 Says:
  7. ane sekarang ngerti gan...
    thx infonya...

     
  8. Unknown Says:
  9. sama-sama gan... semoga bermanfaat dunia dan akhirat... :)

     
  10. Anonymous Says:
  11. tpi klo kata saya sih lebih bagus VLC 2.1.2 untuk muter video HD 1080p

     
  12. Anonymous Says:
  13. mas kalau film tapi harus dibuka pake codec 2.5.1 itu gimana mas?

     
  14. Unknown Says:
  15. setiap penginputan film dan direpacked akan semakin diperbaharui.. jika ada film yg hanya dpt dibuka di codec tebaru itu wajar,, seperti halnya virus.. jika anti virus bukan update terbaru ttp ja masih bisa terjangkit walau komputernya sudah diinstal anti virus... tq.

     
  16. bagus

     
  17. salam kenal

     
  18. semoga bermanfaat

     
  19. tips yang bagus

     

Post a Comment

Artikel Terkait:

Powered by Blogger.

Site Info


Site Meter Google PageRank Checker

Translate this Page

Other Info


free counters

Directori & Back Link


Rizkyaddict - Find me on Bloggers.com
Academics Auto Back Links Gratis Indonesia ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo

Popular Posts

Random Posts

Recent Posts

Most Commented

Last Comments